Harisah Anis Saya merupakan hair enthusiast yang senang membagikan informasi seputar perawatan dan informasi mengenai permasalahan rambut.

Pakai Topi Bikin Rambut Berketombe? Ini 4 Penyebabnya!

1 min read

Rambut berketombe merupakan permasalahan yang sering dialami laki-laki maupun perempuan. Apalagi bagi yang sering menggunakan topi, tentunya permasalahan rambut berketombe tidak bisa dihindar. Mengapa begitu ya? Kamu bisa simak penjelasan mengapa topi bisa bikin rambut berketombe dibawah ini ya!

4 Penyebab Topi Bikin Rambut Berketombe

1. Pakai Topi saat Rambut Basah

Saat rambut basah, kulit kepala menjadi lebih lembab dan rentan terhadap pertumbuhan jamur. Jamur tumbuh karena sirkulasi udara pada kulit kepala terhambat sehingga memicu ketombe pada rambut.

Sebaiknya tunggu rambut kering terlebih dahulu sebelum memakai topi. Jika kamu memang harus memakai topi saat rambut basah, pastikan topi yang digunakan cukup longgar agar udara bisa masuk dengan baik dan kulit kepala tetap kering.

2. Pakai Topi saat Berolahraga

Memakai topi saat berolahraga dapat memicu ketombe pada beberapa orang. Saat berolahraga, suhu tubuh meningkat dan menyebabkan produksi keringat yang berlebihan pada kulit kepala. 

Jika topi yang dipakai tidak memiliki sirkulasi udara yang baik, keringat pada kulit kepala akan terjebak dan menyebabkan kulit kepala lembab, yang dapat memicu pertumbuhan jamur dan bakteri dan menyebabkan ketombe.

3. Tidak Menjaga Kebersihan Topi

Topi yang digunakan terlalu lama atau tidak dicuci secara teratur dapat memicu pertumbuhan bakteri yang dapat menyebabkan ketombe. 

Apalagi jika topi tidak disimpan dengan benar, topi dapat menumpuk banyak kotoran yang dapat mempengaruhi kesehatan kulit kepala. 

Untuk menghindari ketombe yang disebabkan oleh penggunaan topi yang tidak bersih, pastikan untuk mencuci topi secara teratur dan menjaga topi agar tetap kering dan bersih ya.

4. Terlalu Lama Dibawah Sinar Matahari 

Paparan sinar matahari yang berlebihan dapat membuat kulit kepala berkeringat. Jika kamu terlalu lama menggunakan topi di bawah sinar matahari, terutama jika topi tersebut tidak cukup longgar atau terlalu ketat. 

Hal ini menyebabkan sirkulasi udara pada kulit kepala akan terhambat dan membuat rambutmu lepek. Untuk menghindari ketombe yang disebabkan oleh paparan sinar matahari. Gunakan topi yang longgar dan mudah menyerap keringat. Segera lepas topi jika kegiatan kamu sudah selesai. 

Selain memperhatikan 4 penyebab rambut berketombe karena penggunaan topi di atas. Hal utama yang perlu diperhatikan adalah pemilihan shampoo.

Untuk mengatasi rambut berketombe, kamu bisa gunakan Madevine Shampoo dengan kandungan ekstrak daun binahong dan aloe veranya mampu mengatasi dan mencegah rambut berketombe kamu muncul lagi. Yuk segera coba!

Baca Juga : 6 Penyebab Rambut Berketombe

Harisah Anis Saya merupakan hair enthusiast yang senang membagikan informasi seputar perawatan dan informasi mengenai permasalahan rambut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *