Harisah Anis Saya merupakan hair enthusiast yang senang membagikan informasi seputar perawatan dan informasi mengenai permasalahan rambut.

Perbedaan Hair Mask, Hair Spa dan Creambath Untuk Rambut

2 min read

Perawatan rambut baik di salon maupun perawatan sendiri di rumah, biasanya sudah tidak asing lagi dengan istilah creambath, hair spa dan hair mask (masker rambut). Ketiga hal tersebut bagian dari perawatan untuk rambut agar lebih sehat dan indah, namun memiliki tiga perawatan tersebut memiliki perbedaan dari segi bahan dan cara perwatannya. Simak untuk mengetahui perbedaan hair mask, hair spa dan creambath untuk rambut.

Creambath

Creambat ini merupakan salah satu jenis perawatan rambut yang sudah dikenal sejak zaman dahulu. Perawatan ini biasanya diikuti dengan sampo dan blow dry. Creambath biasanya digunakan untuk menambah kelembapan dan kilau pada rambut, dan untuk membantu mengontrol rambut keriting dan terbang. Metode perawatan rambut creambath menggunakan krim sesuai dengan masalah yang dialami rambut, misalnya rambut rontok, berminyak, kering, kusam, lepek, kasar dan lain-lain. Pada umumnya creambath perawatan rambut dilakukan setelah keramas. Creambath ini menggunakan krim atau minyak bergizi yang dioelskan ke rambut dan kulit kepala, dan kemudian memijatnya untuk mempromosikan relaksasi dan meningkatkan sirkulasi.  krim yang terbuat dari bahan tradisional yang aman alami, misalnya dari buah dan sayuran. 

Krim yang telah dioleskan ke seluruh bagian rambut mulai dari kulit kepala hingga ujung rambut, sambil dipijat perlahan agar krim meresap sempurna ke dalam kulit kepala. Kemudian rambut ditutup dengan handuk hangat (steam) selama 10 sampai 15 menit. Rambut sebentar lalu diangin-anginkan dan dibersihkan dengan cara keramas menggunakan shampo yang sesuai jenis rambut. Perawatan rambut dengan creambath hanya akan merawat rambut hingga sebagian di kutikula saja. Sehingga tidak cocok digunakan sebagai metode perawatan rambut yang sudah rusak parah karena hasilnya tidak akan sesuai harapan.

Hair Spa

Spa rambut adalah perawatan yang lebih komprehensif yang biasanya melibatkan pembersihan kulit kepala secara mendalam, pengelupasan kulit kepala untuk mengangkat sel-sel kulit mati, dan mengoleskan masker atau minyak rambut bergizi ke rambut dan kulit kepala. Spa rambut sering disertai dengan pijatan kulit kepala untuk meningkatkan relaksasi dan meningkatkan sirkulasi. Spa rambut dirancang untuk menutrisi dan melembabkan rambut dan kulit kepala, dan dapat membantu meningkatkan kesehatan dan penampilan rambut secara keseluruhan.

Pada dasarnya perawatan rambut hair spa juga sangat mirip dengan creambath. Satu-satunya perbedaan adalah bahan yang digunakan sebagai perawatan. Bahan untuk hair spa lebih variatif dengan kandungan vitamin yang lebih banyak serta berbagai essential oil yang berasal dari wewangian seperti lavender, lemon dan wewangian yang menyegarkan sekaligus menenangkan. Hair spa ini seperti perawatan rambut creambath, namun tidak hanya itu yang dirasakan badan Anda yang ikut rileks karena aroma dari cream hair spa akan menenangkan dan merilekskan tubuh.

Hair Mask

Hair mask atau masker rambut adalah perawatan pengkondisian mendalam yang dirancang untuk menutrisi dan melembabkan rambut. Hair mask ini bertujuan untuk mengatasi rambut rapuh kering dan pecah-pecah bisa digunakan masker rambut (hair mask). Begitu pula dengan rambut yang rusak akibat proses pelurusan, pewarnaan, dan pengeritingan. Ketiga proses tersebut menjadi penyebab utama rambut rusak, polusi udara sekaligus masker rambut yang ditujukan untuk rambut rusak dan membuat rambut lebih lembab. Penggunaan hair mask lebih mudah dibandingkan dengan creambath dan creambath karena cream hanya dioleskan pada rambut setelah keramas. “Pemijatan dan penggunaan steam juga tidak dilakukan pada hair mask karena akan menambah kerontokan rambut. Efek lain dari hair mask adalah rambut tidak mudah patah, tidak kering, dan menjadi lebih berkilau. Bahan dasar hair mask berupa krim umumnya terbuat dari bahan-bahan alami, seperti ginseng dan wortel.

Perawatan rambut menggunakan masker rambut agak berbeda dengan creambath atau hair spa. Pada hair mask, perawatan rambut dilakukan dengan cara mengoleskan krim rambut ke seluruh bagian namun tidak melakukan pemijatan lembut pada kulit kepala. Masker rambut biasanya diterapkan pada rambut basah dan dibiarkan selama jangka waktu tertentu, biasanya 10-30 menit, sebelum dibilas. Masker rambut dapat digunakan untuk menambah kelembapan dan kilau pada rambut, dan untuk membantu memperbaiki rambut yang rusak atau kering.

Secara umum, creambaths, spa rambut, dan masker rambut adalah semua perawatan yang dirancang untuk menyehatkan dan melembabkan rambut, tetapi mereka berbeda dalam hal manfaat spesifik yang mereka tawarkan dan bagaimana cara memakainya. Nah, untuk mengenali masalah rambut Anda sendiri, Anda bisa memilih salah satu dari tiga perawatan rambut yang sesuai dengan kondisi rambut dan kulit kepala. Rutinlah melakukan perawatan rambut dua kali dalam sebulan agar rambut menjadi sehat tampak berkilau dan mudah diatur. Jangan terlalu sering karena akan membuat rambut dan kulit kepala menjadi kering.

Harisah Anis Saya merupakan hair enthusiast yang senang membagikan informasi seputar perawatan dan informasi mengenai permasalahan rambut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *