Harisah Anis Saya merupakan hair enthusiast yang senang membagikan informasi seputar perawatan dan informasi mengenai permasalahan rambut.

5 Manfaat Perawatan Keratin Untuk Rambut

2 min read

Jika Anda pernah mengharapkan rambut yang lebih halus dan bebas kusut, kemungkinan besar, Anda pernah mendengar tentang perawatan rambut keratin. Perawatan rambut smoothing ini yang merupakan salah satu yang dikenal karena kemampuannya membuat rambut terlihat lurus, halus, dan berkilau hingga enam bulan. Satu-satunya masalah keratin yaitu mengandung bahan kimia dan akibatnya sering mendapat reputasi buruk. Karena manfaat keratin tersebut, sebagaian bahan perawatan rambut, merek kecantikan telah mulai merumuskan produk rumahan yang mengandung keratin. Jadi, simak 5 manfaat perawatan keratin untuk rambut yang perlu Anda ketahui. 

Apa Itu Keratin Rambut?

Keratin merupakan salah satu protein bagian dari struktur rambut. Keratin membantu memberikan kekuatan dan elastisitas pada rambut, serta melindungi rambut dari kerusakan. Keratin juga membantu menjaga kelembaban pada rambut, sehingga rambut tetap lembab dan tidak kering. Perawatan keratin tidak lain adalah proses kimiawi di mana profesional salon melapisi helai rambut dengan protein untuk membuatnya halus dan berkilau. Meskipun ada berbagai jenis perawatan keratin, pada tingkat dasar, semuanya menembus ke dalam folikel rambut dan memasukan keratin ke area berpori untuk membuat rambut lebih sehat. Menariknya, keratin tidak mampu mengatasi rambut kusut. Bahan kimia tersebut bekerja dengan mengunci rambut agar tetap lurus. Setelah produk dioleskan ke rambut, hindari kulit kepala dengan hati-hati dan rambut dikeringkan. Hasil perawatan rambut keratin dapat bertahan hingga enam bulan dan stylist Anda dapat menyesuaikan campuran formula agar sesuai dengan jenis dan kebutuhan rambut Anda. Perawatannya sendiri bisa memakan waktu antara dua hingga empat jam, tergantung pada panjang dan ketebalan rambut Anda, tekstur rambut, dan formula perawatan yang digunakan.

5 Manfaat Perawatan Keratin Untuk Rambut

Sebelumnya sudah dijelaskan apa itu keratin. Sebagai landasan struktur rambut. Perawatan keratin dan produk yang mengandung keratin menawarkan banyak manfaat bagi rambut Anda.

  1. Memperkuat rambut : Ketika Anda memilih perawatan rambut keratin di salon atau di rumah, Anda akan melihat perbedaan pada rambut Anda. Faktanya, penelitian menunjukkan bahwa keratin membantu memperkuat untaian hingga 40%. 
  2. Menghaluskan rambut dan mengurangi rambut kusut : Produk yang mengandung keratin yang sering kali berbentuk minyak atau serum dapat menghasilkan rambut yang lebih halus, lebih berkilau, dan tampak lebih sehat. 
  3. Menambah kilau : Karena keratin membantu menghaluskan kutikula rambut dan mengisi area yang rusak di batang rambut, ini menambah banyak kilau pada rambut Anda. Hasilnya mungkin lebih dari perawatan di salon, namun produk rumahan juga dapat membuat rambut berkilau dan tampak sehat.
  4. Mengurangi tampilan ujung bercabang : Keratin membantu memperkuat dan menghaluskan kutikula rambut bisa bersama, yang mengurangi tampilan ujung bercabang. Untaian yang lebih kuat berarti lebih sedikit kerusakan yang mendorong pertumbuhan rambut. 
  5. Mengurangi waktu pengeringan : Perawatan keratin benar-benar mengurangi ruang rambut Anda, yang berarti lebih sedikit air yang terperangkap di dalam kutikula rambut. Ini berarti dapat sedikit mengurangi waktu pengeringan. 

Hal yang Perlu Dipertimbangkan Sebelum Melakukan Perawatan Keratin

Berikut adalah beberapa hal yang harus Anda pertimbangkan sebelum mendapatkan perawatan keratin:

  • Perawatan ini paling cocok untuk orang dengan rambut keriting dan keriting. Jika Anda memiliki rambut yang cukup lurus atau halus, Anda dapat melewatkan perawatan ini.
  • Konsultasikan dengan stylist sebelum memilih perawatan karena stylist Anda akan memandu Anda tentang formula terbaik untuk rambut Anda. Perawatan keratin tidak dibuat sama untuk semua orang karena rambut yang berbeda membutuhkan perawatan yang berbeda dan karenanya penting untuk berbicara dengan penata rambut.
  • Perbarui diri Anda dan cari tahu segala sesuatu tentang perawatan sebelumnya.

Bagaimana Proses Mendapatkan Perawatan Keratin?

Perawatan memakan waktu beberapa jam, meskipun bervariasi berdasarkan panjang dan jenis rambut. Tergantung pada tekstur dan kerapatan rambut Anda, Anda dapat mengantisipasi datang ke salon Anda antara dua hingga empat jam. Stylish rambut Anda pertama-tama akan mencuci rambut Anda, kemudian mengoleskan perawatan keratin ke rambut basah, lalu diamkan selama sekitar 30 menit; namun, beberapa stylist mungkin mengeringkan rambut terlebih dahulu dan kemudian menerapkan perawatannya. Terakhir, karena perawatannya diaktifkan dengan panas, penata rambut akan menyetrika rambut menjadi bagian-bagian kecil untuk menyegelnya.

 (Baca Juga : https://madevine.id/10-tips-merawat-rambut-setelah-smoothing/ )

Itulah beberapa manfaat keratin bagi rambut yang bisa menjadi tambahan informasi bagi perawatan rambut Anda.

 

Harisah Anis Saya merupakan hair enthusiast yang senang membagikan informasi seputar perawatan dan informasi mengenai permasalahan rambut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *