Harisah Anis Saya merupakan hair enthusiast yang senang membagikan informasi seputar perawatan dan informasi mengenai permasalahan rambut.

Dampak Keramas Setiap Hari

1 min read

Bagi kebanyakan orang menginginakan rambut sehat, bukan? Maka dari itu, beberapa orang terbiasa mencuci rambut setiap hari, berpikir itu lebih baik untuk kesehatan rambut mereka. Meskipun keramas dan keramas adalah langkah terpenting dalam menjaga kebersihan kulit kepala, melakukannya terlalu sering bisa menjadi bumerang. Tampaknya ini membantu rambut Anda tetap bersih dan sehat. Padahal keramas setiap hari, sebenarnya melakukan lebih banyak kerusakan pada rambut Anda daripada kebaikan. Mari simak dampak keramas setiap hari bagi kesehatan rambut.

Inilah mengapa menggunakan sampo untuk mencuci rambut setiap hari bukanlah ide yang baik:

1. Memudar tekstur dan kilau

Sering mencuci rambut menghilangkan tekstur alami dan kilau rambut lebih cepat. Sementara itu mencuci rambut juga menghilangkan sebum alami yang berfungsi sebagai pelindung kulit kepala dan rambut Anda. Setelah sebum dilepas, kelenjar sebaceous mendeteksinya dan mulai memproduksi lebih banyak sebum. Oleh karena itu, dalam upaya Anda keramas setiap hari untuk membersihkan kulit kepala dan rambut, Anda secara tidak sadar mendorong produksi sebum yang terlalu aktif, yang dapat menyebabkan kulit kepala berminyak dan berbagai masalah kulit kepala dan membuatnya terlihat kusam

2. Mengganggu pertumbuhan rambut

Shampo memang bermanfaat untuk membersihkan dan melembutkan rambut. Pada kulit kepala terdapat kelenjar sebaceous (sebum) yang berperan penting dalam menyuburkan kulit kepala agar rambut tumbuh sehat. Tapi, penggunaan shampo yang berlebihan akan mengikis sebum di kulit kepala. Residu dari sampo akan menempel di kulit kepala dan menghambat pertumbuhan rambut!

3. Dapat membuat rambut Anda kering dan kusut

Jika rambut Anda sudah kering, Anda tidak perlu keramas rambut setiap hari atau bahkan dua hari sekali. Melakukannya malah bisa membuat rambut Anda kering, kusut , dan lebih rentan rusak. Selain itu, bahkan dapat membentuk simpul di rambut Anda, sehingga sulit untuk diurai dan dapat menyebabkan rambut rontok saat Anda menyisir rambut nanti. 

4.Menyebabkan rambut rontok 

Terkadang, Anda pasti merasa khawatir dengan kerontokan rambut. Kerontokan rambut tentu dialami oleh setiap orang. Namun, mencuci rambut terlalu sering dapat menyebabkan kerontokan rambut meningkat, bahkan dalam beberapa kasus dapat menyebabkan kebotakan.

5.Anda juga mungkin mengalami ketombe

Ketombe terjadi ketika kulit kepala kering dan mulai mengelupas. Keramas dapat menghilangkan ketombe, tetapi tidak keramasi rambut secara berlebihan . Bahkan, ketombe yang parah juga bisa melemahkan atau menyebabkan rambut Anda menipis. 

6. Anda dapat mengalami kerusakan

Karena mencuci rambut terlalu sering dapat membuat rambut Anda kering, hal itu dapat membuatnya lebih rentan terhadap kerusakan. Jika ada helaian rambut pendek yang keluar saat Anda menyikat atau menyisir rambut, Anda mengalami kerusakan rambut. 

7. Menyebabkan lebih banyak ujung bercabang

Rambut basah lebih rentan rusak dan patah, maka semakin sering Anda keramas, semakin besar kemungkinan rambut Anda patah atau rusak. Apakah ini yang Anda inginkan dengan rambut Anda? Benar-benar tidak! Jadi berhentilah keramas rambut setiap hari demi kesehatan rambut Anda. 

Inilah seberapa sering Anda harus mencuci rambut:

Keramas merupakan preferensi pribadi, kebiasaan sehari-hari, tekstur rambut, dan kesehatan kulit kepala. Tetapi jika Anda memiliki kulit kepala berminyak, Anda dapat keramas rambut setiap hari. Tidak ada jumlah yang benar bahwa seseorang harus keramas rambut mereka per minggu. Harapan tentang bagaimana rambut harus terlihat dan seberapa sering seseorang harus keramas rambut mereka juga bervariasi dengan budaya, dan usia. Seberapa sering seseorang keramas rambut mereka adalah keputusan pribadi dan bukan keputusan yang cenderung mempengaruhi kesehatan secara keseluruhan.

 

Harisah Anis Saya merupakan hair enthusiast yang senang membagikan informasi seputar perawatan dan informasi mengenai permasalahan rambut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *