Harisah Anis Saya merupakan hair enthusiast yang senang membagikan informasi seputar perawatan dan informasi mengenai permasalahan rambut.

Manfaat Membilas Rambut Dengan Air Dingin dan Air Panas

2 min read

Memperhatikan suhu air untuk rambut kamu merupakan hal yang penting untuk kesehatan rambut. Selain shampoo yang kamu gunakan dan frekuensi keramas, suhu air juga berperan aktif dalam menjaga kekuatan dan volume rambutmu.

Jadi, mana yang lebih baik untuk rambut kamu? Yuk ikuti terus untuk mengetahui manfaat membilas rambut dengan air dingin dan air panas.

Bagaimana Suhu Air Mempengaruhi Struktur Rambut?

Struktur rambut dapat dikategorikan sebagai akar dan batang rambut. Saat akar rambut bersentuhan dengan air pada suhu yang panas, pori-pori folikel rambut akan membesar dan terbuka secara alami. Sebaliknya, air dingin menyebabkan kontraksi pori-pori mengecil dan membuatnya terkunci rapat.

Mencuci rambut menggunakan air dingin dapat mengurangi kerontokan rambut dan dapat meningkatkan kekuatan folikel pada batang rambut. Sabaliknya saat batang rambut bersentuhan dengan air panas, suhu tinggi dapat memutus ikatan keratin dan lipid pada kutikula rambut.

Selain itu terlalu sering menggunakan air yang panas dapat menyebabkan stres pada rambut. Rambut juga akan mudah rapuh dna kering.

Namun apakah kamu harus menggunakan air dingin? Tentu tidak, berikut akan kami uraikan manfaat mencuci rambut dengan air dingin ataupun air panas yang perlu kamu ketahui. 

Manfaat Air Dingin Untuk Rambut

Air dingin dapat mendukung kesehatan rambut dengan beberapa cara dengan manfaat yang diberikan air dingin untuk rambutmu. Berikut beberapa manfaat air dingin :

1. Mempertahankan minyak alami rambut 

Mencuci rambut dengan air dingin membantu mempertahankan minyak alami dan sebum di rambut. Ini membuat kulit kepala dan rambutmu terhidrasi. Sebum bertindak sebagai lapisan penghalang yang melindungi kulit kepala dari kerusakan lingkungan dan stres oksidatif.

2. Membuat tekstur halus dan mengkilap

Air dingin membantu menyegel lapisan kutikula yang terangkat di rambut dan menjaga ikatan protein rambut tetap utuh. Protein menyembuhkan rambut kusut pada batang rambut dan memberikan tekstur yang tegas, lembut, dan halus. Selain itu, kutikula yang disegel menambah tampilan berkilau pada rambut.

3. Membantu menjaga kulit kepala bersih

Pori-pori kulit kepala yang terbuka lebih cenderung menumpuk kotoran, polutan beracun, keringat, minyak, dan lemak di folikel rambut. Mencuci kulit kepala dengan air dingin akan menutup pori-pori dan menjaga kebersihan kulit kepala.

4. Meningkatkan sirkulasi darah kulit kepala

Saat kamu mencuci rambut dengan air dingin, kapiler darah terbuka lebih lebar dan ada aliran darah bebas ke kulit kepala. Melalui ini, akar rambut dapat menerima semua nutrisi penting dari darah, menghasilkan pertumbuhan rambut yang sehat.

Kekurangan Air Dingin Untuk Rambut

1. Mengurangi volume rambut

Saat mencuci rambut dengan air dingin, menyebabkan kutikula pada rambut tertutup. Ketika kutikula tertutup dan nutrisi untuk rambut tidak bisa masuk ke dalam rambut terdalam. Hal ini bisa membuat rambut semkain tipis.

2. Membuat mencuci rambut tidak nyaman

Mencuci rambut dengan air pada suhu yang lebih rendah bisa merepotkan karena dapat membuat kamu kedinginan, terutama selama musim dingin.

Manfaat Air Panas Untuk Rambut

Mencuci rambut menggunakan air panas dapat membersihkan penumpukan kulit kepala secara efektif. Air panas lebih efektif daripada air dingin untuk melarutkan kotoran, kotoran, penumpukan produk, dan segala bentuk penumpukan kulit kepala lainnya.

Mencuci rambut dengan air panas membuka pori-pori kulit kepala dan memungkinkan shampoo membuka folikel rambut secara efisien.

Kekurangan Air Panas Untuk Rambut

1. Meningkatkan kekeringan pada rambut

Penumpukan kulit kepala yang terakumulasi, air panas dapat menghilangkan minyak alami esensial dari kulit kepala, menyebabkan kekeringan yang ekstrem .

Selain itu, jika mencuci rambut dengan air panas. Kutikula rambut yang terangkat membuat kelembapan keluar dari helai rambut, menghasilkan rambut keriting. Hal ini dapat menyebabkan ketombe kering dan rambut rontok.

2. Melemahkan akar rambut

Pori-pori yang terbuka karena air panas membuat folikel rambut terkena kerusakan lingkungan dan setres oksidatif. Kerontokan rambut semakin cepat karena cengkeraman akar rambutmu yang rusak semakin longgar. Juga, ini dapat menyebabkan uban.

3. Menambah kerusakan rambut

Pencucian rambut air panas membuat rambutmu terlalu keropos, yang pada gilirannya meningkatkan dehidrasi pada rambut. Ini membuat rambutmu rapuh dan akhirnya menyebabkan kerusakan dan ujung bercabang.

4. Menyebabkan radang jaringan kulit kepala

Suhu air yang tinggi dapat merusak jaringan kulit kepala dan dapat menyebabkan iritasi dan peradangan pada akar rambut. Hal ini menghambat penyerapan nutrisi dan oksigen dari darah ke dalam folikel rambut, yang menyebabkan rambut rontok dan rambut rontok.

Selain memilih suhu air yang tepat untuk mencuci rambut, diperlukan rutinitas perawatan rambut yang ekstra untuk menjaga kesehatan rambut dan kulit kepala.

Menggunakan perawatan minyak secara teratur seperti hair oil sebagai nutrisi yang bisa diberikan untuk rambut diikuti dengan pembersihan rambut lembut dengan shampoo alami adalah apa yang diyakini ilmu kesehatan yang berasal dari negara India Ayurveda sebagai dasar pertumbuhan rambut yang kuat dan sehat.

Harisah Anis Saya merupakan hair enthusiast yang senang membagikan informasi seputar perawatan dan informasi mengenai permasalahan rambut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *